Artikel Terbaru


Breaking News

Estimasi Biaya untuk Membangun Rumah Idaman Minimalis


Estimasi Biaya untuk Membangun Rumah Idaman Minimalis

Rumah merupakan aset berharga yang semua orang ingin memilikinya. Untuk memiliki sebuah rumah idaman minimalis, kamu bisa membeli rumah jadi dengan metode pembayarran cash atau kredit kepemilikan rumah. Namun kamu juga bisa membangun rumah impianmu sendiri.

Jika kamu memutuskan untuk membangun sendiri, kamu perlu menghitung dengan cermat berapa biaya yang dibutuhkan dalam membangun rumah impianmu.

Selain menghitung biaya, kamu juga perlu untuk survei harga material yang akan digunakan dan harga tukang bangunan untuk membantu kamu membangun rumah tersebut.

Memiliki rumah idaman minimalis adalah keinginan sebagian orang. Konsep minimalis yang sederhana namun terkesan mewah. Menjadikan konsep tersebut primadona dari awal kemunculannya hingga saat ini.

Selain karena kesederhaan, desain rumah minimalis ini cocok untuk kamu yang memiliki lahan terbatas, namun memnginginkan hunian yang nyaman.

Rumah minimalis memiliki beberapa tipe, mulai dari tipe 21, 36, 45 hingga tipe 60. Tipe rumah ini menentukan ukuran rumah dalam skala meter persegi.

Rumah yang mungil tetap bisa menjadi terkesan luas dengan penataan ruangan dan dekorasi yang tepat.

Untuk membangun rumah idaman minimalis, kamu harus menentukan desain terlebih dahulu. Setelah desain yang kamu inginkan sesuai, kamu bisa menentukan biaya untuk membangun rumah tersebut.

Sebagai panduan untuk kamu yang sedang berencana membangun rumah sendri, bisa menyimak estimasi uraian biaya berikut ini.

Jasa Tukang

Ada tiga sistem yang berlaku untuk pembayaran jasa tukang. Ada tukang harian, tukang borongan jasa dan tukang borongan penuh. Masing-masing dari sistem tersebut memiliki biaya yang berbeda.

Untuk tukang harian, biaya yang dikeluarkan berkisar 100-200 ribu perharinya. Tukang borongan jasa berkisar andara 600 ribu sampai 1 juta rupiah untuk permeter perseginya. Dan tukang borongan penuh berkisar 3-5 juta rupiah permeter perseginya.

Biaya tukang harian dan tukang borongan jasa yang dibayarkan hanya untuk jasanya saja, tidak termasuk biaya material.

Perhitungan Luas Bangunan

Luas bangunan mempengaruhi biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut. Semakin luas, maka dana yang dibutuhkan akan semakin besar.

Sedikit contoh, jika kamu ingin membangun rumah tipe 36 di lahan seluas 75 meter persegi, berarti kamu harus memperhitungkan biaya pembelian tanah dan pembangunan rumah tersebut.

Harga tanah per m² Rp 3.000.000 X 75 m­²­ = 225.000.000 adalah dana yang harus kamu keluarkan untuk membeli tanah.

Lalu, untuk bangunan dengan luas 36 m², bila harga permeter persegi untuk bangunan Rp 2.000.000, maka anda harus mengeluarkan dana 2.000.000 X 36 m² = 72.000.000

Itu artinya, total keseluruhan dana yang harus anda keluiarkan untuk memembangun rumah tipe 36/75 adalah Rp 297.000.000

Setelah melihat estimasi biaya diatas, sekarang kamu bisa mulai memutuskan rumah idaman minimalis ukuran berapa yang akan kamu bangun dan menghitung biaya yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By